Tips Mudik Agar Aman di Jalan Ketika Melintasi Jalur Rawan Kejahatan



Buat kamu yang sudah membuat planing mudik untuk pulang ke kampung halaman tercinta, ada baiknya kamu bisa membaca sedikit tips-tips mudik berikut jika kamu menggunakan kenderaan pribadi, terutama ketika kamu melintasi daerah yang rawan akan kriminalitas.

Sebenarnya pesan mudik ini sudah banyak di sampaikan di berbagai media elektronik maupun media online, namun tips mudik berikut di sampaikan langsung oleh Ex Supir Bus ALS (Antar Lintas Sumatera), dimana dari banyak pengalamanya melintasi jalan-jalan di sumatera dan jawa ingin berbagi tips ke kita.

  1. Pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan sehat, lakukan service kenderaan terlebih dahulu sebelum berangkat mudik.

  2. Jika dalam perjalanan di daerah yang sunyi abaikan saja jika ada orang meminta tumpangan ataupunn minta tolong dan modus-modus lainya.

  3. Usahakan Jalan beriringan jika ada kenderaan lain yang kita kenal.

  4. Jika ada kenderaan lain ataupun motor yang mengikuti dan mencurigan usahakan berhenti dan carilah tempat yang aman seperti di SPBU, Warung makan dan Rumah-rumah warga.

  5. Jika tiba-tiba ban mobil kempes di daerah yang rawan yang di sekitar jalur tersebut tidak ada rumah warga, maka paksakanlah terus kenderaan mu melaju dengan kecepatan sedang untuk mencari tempat yang aman untuk mengganti ban.

  6. Jika tiba-tiba kaca mobil kamu di lempar dengan menggunakan telur, usahakan jangan gunakan wiper untuk membersihkan kaca tersebut biarkan saja, jika kamu gunakan wiper maka seketika kuning telur akan menghalangi kaca depan mobil yang menghambat jarak pandang kamu, mau tidak mau kamu harus berhenti membersihkannya di sinilah kesempatan pelaku menghampiri kamu. teruslah mengemudi sampai kamu menemukan tempat yang aman untuk membersihkan pecahan telur yang menghantam kaca mobilmu.

Nah mungkin tidak begitu penting namun wajib kamu ketahui, kapan saja kejadian-kejadian tersebut bisa menimpa kita tidak kenal waktu dan tempat, pastikan selalu waspada.

Next article Next Post
Previous article Previous Post