Kisah Cerita Rumah Terakhir Di Pulau Holland Yang Tenggelam Di Telan Air Laut


Dari judulnya saja seperti film misteri, Rumah terakhir, kenapa di bialng rumah terakhir ? ya karena rumah di poto dibawah ini menjadi rumah yang terakhir lenyap setelah air laut menenggelamkan pulau dimana rumah itu dan rumah-rumah lainya pernah berdiri.

Pualu Holland yang terletak di selat belanda antara pulau bloodsworth dan pulau smith dahulu memiliki panjang 5 mil dan lebar setenga mil dan di huni oleh para petani dan nelayan yang hidup damai dan tentram.


Masyarakat di pulau ini sudah ada sejak di abad ke 16, nama pulau ini di ambil dari nama Daniel Holland, beliau adalah pemilik dan penghuni pertama di pulau ini, poto di atas kondisi pulau yang sudah di tinggalkan oleh penduduknya.


Poto di atas menunjukan kondisi pulau yang habis tenggelam akibat naiknya permukaan air laut, hanya meninggalkan satu rumah dan sebuah mobil traktor usang yang sudah mulai tenggelam.


Dahulu pulau ini di huni oleh 360 warga yang memiliki kantor pos, sekolah dan beberapa toko yang menjual kebutuhan warga yang mendiami pulau ini. di tahun 1910 pulau ini memiliki 70 bangunan.


Seiring berjalannya waktu lama kelamaan air laut naik sehingga mengikis pulau ini, satu persatu rumah yang ada di pulau ini mulai hilang dan hancur akibat air laut sehingga banyak warga yang mulai meninggalkan pulau ini dan pindah ke pulau terdekat.


Poto rumah di atas terakhir di ambil sebelum air laut menghancur dan menenggelamkan di tahun 2010 yang lalu tepatnya pada bulan oktober, kini pulau holland dan bangunannya sudah habis dan tenggelam di telan air pasang laut yang semakin meningkat.
Next article Next Post
Previous article Previous Post