Unik!! Pulau Jabuka Sebuah Pulau Yang Unik Karena Mengandung Magnet Terletak Di Laut Adriatik Kroasia


Pulau magnet itulah sebutan untuk pulau unik ini, namanya pulau jabuka dalam bahasa kroasia yang berarti jabuka itu adalah buah apel, entah apa maksudnya dikaitkan dengan apel.

Yang pasti pulau ini bukanlah penghasil apil ataupun berbentuk apel, pulau ini terkenal dengan medan magnet yang di hasilkanya, coba lihat bentuk pulaunya di bawah ini.

Jabuka adalah sebuah pulau vulkanik yang tidak berpenghuni, tinggi 97 meter terletak di laut adriatik di negara kroasia, pulau ini terbentuk akibat letusan magma sekitar 200 juta tahun yang lalu.



Jabuka memiliki sifat magnet karena adanya magnetit oksida besi alami yang ada pada bebatuan di pulau ini, di tahun 1958 pulau ini di tetapkan sebagai monumen geologi alam.

Kapal barang dan kapal penumpang di larang melintasi jalur dekat pulau ini, karena akan mengakibatkan rusaknya sistem navigasi, seperti jarum kompas menjadi kacau balau, ataupun bahan-bahan logam yang mengandung besi dapat lengket di pulau ini.


Kamu hanya bisa melihat pulau ini dari jarak yang cukup jauh, jika kamu ingin mendakitanya pastikan kapal yang kamu gunakan tidak mengandung unsur logam besi.

Biasanya parah geologi menghentikan kapal mereka sangat jauh dari pulau ini, lalu menggunakan perahu layar dari kayu untuk mendakati dan meneliti pulau ini.

Next article Next Post
Previous article Previous Post