Horor !! Kota Kayakoy Sebuah Kota Hantu Yang Terletak Dibukit Berbatu Di Negara Turki


Kalau di tanya salah satu kota paling mistis dan berhantu di dunia maka jawabnya adalah kota kayakoy, kota yang di tinggalkan oleh penduduknya.

Kota kayakoy terletak di negara turki delapan kilometer dari selatan kota fethiye, yang awalnya di tempati oleh penduduk krsisten ortodok yunani.


Kota ini di perkirakan di bangun pada abad ke 18 di situs kota kuno lebessus, dahulu nama kota tersebut adalah livissi yang sekarang berubah nama menjadi kota kayakoy, image via Chris Parfitt.

Di perkirakan penduduk pertama di kota ini adalah penduduk kekaisaran byzantium yang beradal dari pulau gumiler yang melarikan diri mencari tempat aman dari serangan bajak laut.


Meskipun mereka aman dengan membangun pemukiman di daerah ini, ternyata mereka tidak mengetahui bahwasanya livissi atau kayakoy daerah kekuasaan dari pemerintahan kekhalifahan ottaman, yang mana kekalifahan ottaman pada saat itu mendominasi ekonomi dan meliter dibenua eropa setelah mengalahkan kekaisaran byzantium, image via Dennis & Patty.



Meskipun mereka tinggal di daerah pusat pemerintahan ottaman livissi (Kayakoy) di turki, namun mereka mendapat perlindungan dari kekhalifahan ottaman, image via Eric Sehr.

Bencana mulai datang pada penduduk di kota ini ketika kekhalifahan ottaman runtuh, dimana pada awal perang dunia pertama terjadi pembersihan etnis, yang mengharuskan penduduk di kota ini harus segera keluar dan di deportasi paksa ke yunani oleh pemerintahan sekuler turki, image via  David Bacon.


Banyak warga yang mati akibat kelaparan dan penyiksaan pada saat itu yang membuat pemerintah yunani mengibarkan bendera perang terhadap pemerintahan sekuler turki, image via Sarah Murray.

Dalam perang selama tiga tahun tidak terhitung jumlah korban yang tewas akibat perang oleh dua negara tersebut hingga akhirnya perjanjian damai pun di buat dengan cdan di tanda tangani pada tahun 1923.

Dengan catatan kesepakatan populasi penukaran, dimana lima ratus ribu muslim yang menetap di yunani di kembalikan ke turki tepatnya ke kota kayakoy dan satu juta kristen ortodoks di turki harus kembali ke yunani, image via Dany Sternfeld.

Pada saat perang berakhir kota livissi (Kayakoy)  di tinggilkan oleh penduduk muslim yang datang dari yunani, dengan alasan daerah tersebut tidak bisa di jadikan lahan pertanian karena kondisi alam bukit berbatu, serta mereka di terlantarkan oleh pemerintahan sekuler turki, hingga saat ini kota livissi (Kayakoy) terbiarkan begitu saja, image via  Tania & Artur.

Konon cerita yang berkembang, di kota yang terdiri dari 500 rumah kosong ini serang terjadi kejadian mistis, ketika tengah malam sering terdengar orang berteriak kesakitan dan menangis.

Next article Next Post
Previous article Previous Post