Berapakah Jumlah Uang Pensiun Yang di Terima Oleh Mantan Presiden Amerika ?

Uang Pensiun

Setelah menjabat sebagai orang nomor satu di AS, tentu negara adi daya itu tak begitu saja melupakan sang mantan pemimpin.

Sesuai Undang-undang Mantan Presiden yang diterbitkan pada 1958, negara menyediakan sejumlah tunjangan bagi para mantan ini.

Saat undang-undang ini berlaku dua mantan presiden yaitu Herbert Hoover dan Harry S Truman menjadi penerima pertama tunjangan yang diberikan negara.

Awalnya, undang-undang ini menyediakan perlindungan Secret Service seumur hidup untuk para mantan presiden.

Pada 1997, undang-undang itu direvisi dan fasilitas pengamanan hanya berlaku selama 10 tahun setelah sang presiden lengser.

Namun, keputusan ini dibatalkan Undang-undang Mantan Presiden 2012 yang kembali memberikan perlindungan Secret Service seumur hidup untuk mantan pasangan nomor satu di AS itu.

Berikut fasilitas yang diperoleh para mantan presiden Amerika Serikat:

1. Uang pensiun

Para mantan presiden menerima uang pensiun setara dengan gaji seorang pejabat eselon I di sebuah departemen.

Sejak 2015, besaran uang pensiun itu adalah 203.700 dolar AS atau hampir Rp 3 miliar setahun yang diterima begitu seorang presiden resmi meninggalkan Gedung Putih.

Pasangan mantan presiden juga menerima uang pensiun tahunan sebesar 20.000 dolar AS atau Rp 268 juta setahun.

2. Masa transisi

Pemerintah juga membiayai ongkos pindahan seorang mantan presiden yang berlaku hingga tujuh bulan.

Uang tersebut bisa digunakan untuk biaya kantor baru, kompensasi staf, jasa komunikasi, dan hal-hal lain terkait transisi.

3. Staf dan kantor

Pembiayaan staf pribadi dan hal-hal yang terkait dengan masalah itu ditangani lembaga bernama General Services Administration.

Orang-orang yang dipekerjakan di bawah aturan ini dipilih dan bertanggung jawab hanya kepada sang mantan presiden.

Besaran kompensasi untuk staf yang bekerja untuk para mantan presiden ini tak lebih dari 150.000 dolar untuk 30 bulan pertama dan turun menjadi 96.000 dolar AS setelahnya.

4. Asuransi kesehatan

Para mantan presiden juga bisa mendapatkan layanan kesehatan di berbagai rumah sakit militer.

Sedangkan presiden dengan dua masa jabatan, seperti Barack Obama, bisa membeli asuransi kesehatan di bawah program tunjangan kesehatan pegawai pemerintah federal.

5. Perlindungan Secret Service

Para mantan presiden dari 1965 hinga 1996 menerima perlindungan seumur hidup untuk dirinya, pasangannya, dan anak-anaknya yang berusia di bawah 16 tahun.

Aturan ini kemudian direvisi dan membatasi perlindungan Secret Service hanya 10 tahun bagi presiden yang dilantik setelah 1997.

Sesuai aturan ini hanya Bill Clinton yang berhak mendapatkan perlindungan seumur hidup dan presiden setelahnya hanya mendapat perlindungan 10 tahun.

Pada 2013, Presiden Barack Obama menandatangani undang-undang baru yang mengembalikan pengamanan seumur hidup bagi para mantan presiden AS.

Pada 1985, Richard Nixon menolak fasilitas perlindungan Secret Service. Sejauh ini Nixon adalah satu-satunya mantan presiden yang melakukan hal ini.

Next article Next Post
Previous article Previous Post